-->

Tips Ampuh Cara Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone Anda

Tips Ampuh Cara Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone Anda

Cara Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone Android Anda - Kuota internet sekarang telah menjadi pengeluaran rutin yang perlu diperhitungkan setiap bulannya, meskipun terkadang dalam penggunaan kuota internet di smartphone android anda namun masih tetap saja bisa menguras kantong saku anda. Penggunaan dan pemakaian internet yang tidak terkontrol dapat menguras kuota bulanan anda. Pada akhirnya harus beli paket kuota internet yang baru lagi dan tentu tidak murah dan terkadang dapat menghabiskan sisa pulsa anda karena tidak menyadari bahwa kuota telah habis.

Tips yang sering ditemui untuk menghemat kuota anda adalah dengan menggunakan wifi. Tetapi, tidak semua tempat menyediakan wifi gratis. Sedangkan internet hampir selalu dibutuhkan dimanapun dan kapanpun. Yuk coba cara berikut untuk menghemat pemakaian kuota internet anda.

A. Menghemat kuota internet dengan aplikasi maps

Ternyata fitur Maps ini menguras kuota internet yang lumayan. Aplikasi Maps ini semakin banyak menguras kuota jika anda memakainya untuk layanan melihat traffic secara real time, melihat map dengan mode satelit dan lainnya.

Untuk mengatasi borosnya pemakaian kuota anda dari penggunaann aplikasi Maps ini anda bisa mengubah pengaturan Maps ini dari mode online menjadi ke offline. Selanjutnya anda bisa menggeser ke bawah sampai menemukan pilihan save map to use offlinr. Dari sini anda dapat memilih pilihan save untuk berpindah ke mode offline tadi.

Bila anda sewaktu-waktu akan memakai layanan aplikasi Maps, cukup aktifkan kembali pilihan yang sebelumnya anda rubah.

B. Menggunakan browser yang lebih efisien


Ternyata pemilihan browser anda dapat menjadi penyebab kenapa kuota anda cepat berkurang. Adapun yang mengira jika kinerja browser default ataun browser bawaan kurang efisien dalam masalah penggunaan kuota internet.

Untuk mengatasi  hal tersebut, anda dapat mendownload dan menggunakan browser yang lebih efisien seperti Mozilla Firefox. Browser ini sudah terbukti dan terpercaya mampu menyimpan kuota internet secara primer dengan mengompres website yang akan anda kunjungi.

Dengan adanya fitur data-saving video boost, anda juga mengurangi proses buffering dan dapat mengoptimalkan kualitas gambar tanpa harus mengurangi kuota internet anda yang besar
Selain Mozilla Firefox, browser yang lebih efisien adalah Google Chrome. Namun, ada caranya juga untuk memakai Chrome ini. caranya adalah buka Chrome, sentuh ikon tiga titik di kanan atas lalu pilih settings, sentuh bandwith dan pilih Data Saver untuk mematikan data-saving.

C. Nonaktifkan fitur sinkronisasi pada aplikasi yang tidak diperlukan

Banyak aplikasi dari ponsel kamu yang melakukan sinkronisasi atau memperbarui meskipun sedang tidak dipakai. Untuk mengatasinya, anda dapat mematikan sinkronisasi otomatis pada aplikasi yang jarang anda gunakan.

Jika untuk Android, anda langsung masuk ke kemu settings, accounts, pilih akun yang tidak ingin anda sinkronisasi. Sedangkan untuk iso, buka menu settings, general lalu nonaktifkan background app refresh.

D. Gunakan aplikasi yang hemat data

Media sosial selalu menjadi sumber utama kuota internet anda cepat terkuras. Oleh karena itu, cobalah beralih ke aplikasi media sosial yang versi hemat data. Missal, twitter lite, facebook lite, youtube go, instagram lite.

E. Update aplikasi anda jika terhubung dengan wifi

Selanjutnya, cara yang ampun untuk dapat menghemat kuota interner yaitu dengan membatasi update aplikasi hanya terhubung ke wifi. Karena terkadang kita tidak sadar jika beberapa aplikasi membutuhkan update secara otomatis dengan menggunakan kuota yang kita punya.

Pasti hal ini tidak terlalu berpengaruh jika hanya satu aplikasi yang harus diperbarui. Tetapi bagaimana jika banyak aplikasi yang secara bersamaan membutuhkan update? Pasti akan semakin banyak kuota yang terkuras. Maka untuk mengatasinya, cukup mengubah pengaturan update aplikasi dengan cara hanya saat smartphone tersambung dengan wifi.

Salam kami Gengindo.Me

0 Response to "Tips Ampuh Cara Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel