-->

Soal UN SD Kelas 6 Matematika (MTK)

 Contoh Soal UN Kelas 6 SD


I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a. b, c, atau d di depan jawaban yang benar !
1. Sifat asosiatif ditunjukkan pada persamaan ...
a. (3+6) + 4 = (6+4) + 3
b. 3 + (6+4) = 3 + (4+6)
c. (3+6) + 4 = 3 + (6+4)
d. (6+4) + 3 = (4+6) + 3

2. -24 x 99 = (-24 x 100) – (-24 x n), Nilai yang tepat untuk n adalah ...
a. -99
b. 0
c. 1
d. 99

3. Faktor prima dari bilangan 700 adalah ...
a. 2, 5, 7
b. 2, 3, 5
c. 2, 5
d. 2, 7

4. Faktor persekutuan dari 30 dan 45 adalah ...
a. 3, 5, 7, 10
b. 3, 5, 10, 15
c. 1, 3, 5, 15
d. 3, 5, 9, 15

5. FPB dari bilangan 24, 60, dan 72 adalah ...
a. 10
b. 12
c. 24
d. 26

6. KPK dari bilangan 48, 54, dan 80 adalah ...
a. 2.160
b. 2.180
c. 2.260
d. 2.280

7. Lampu A menyala tiap 15 detik dan lampu B menyala setiap setiap 20 detik. Jika kedua lampu awalnya dinyalakan bersama, maka lampu itu akan menyala bersama-sama lagi setiap ... detik.    
a. 80
b. 75
c. 70
d. 60

8. Niko berenang tiap 5 hari sekali. Farel berenang tiap 4 hari sekali. Andika berenang tiap 6 hari sekali. Mereka berenang bersama-sama pada tanggal 6 Maret. Mereka berenang bersama-sam lagi pada tanggal ...
a. 6 April
b. 6 Mei
c. 6 Juni
d. 6 Juli

9. Akar pangkat tiga dari 4.096 adalah ...
a. 13
b. 14
c. 15
d. 16

10. ³√512 : ³√64 + √49 =...
a. 7
b. 8
c. 9
d. 10

11. 8³ + ³√1.728 : 3 + 4³ =...
a. 580
b. 610
c. 700
d. 820

12. Paman mengisi bak mandi dengan selang. Dalam waktu 20 menit bak tersebut terisi air 220 liter. Debit air tersebut adalah ... liter/menit        
a. 11
b. 12
c. 13
d. 14

13. Jika air terjun dapat memindahkan 18.000 m³ air dalam waktu 1 jam. Maka debit aliran air terjun tersebut adalah ... m³/detik.  
a. 5
b. 30
c. 6
d. 30

14. Sebuah kolam renang diisi air melalui pipa. Pipa tersebut mampu mengalirkan air sebanyak 720 liter dalam waktu 24 menit. Debit aliran air dalam pipa tersebut adalah ... cm³/detik.    
a. 600
b. 500
c. 550
d. 700

15. Mobil pemadam kebakaran mengisi air dengan debit 360 liter/menit. Untuk mengisi mobil berkapasitas 14.400 liter dibutuhkan waktu ... menit.  
a. 15
b. 30
c. 40
d. 45

16. Luas jajargenjang yang alasnya 19 cm dan tingginya 13 cm adalah ... cm²  
a. 243
b. 244
c. 245
d. 247

17. Sebuah trapesium dengan panjang garis sejajarnya 15 cm dan 24 cm. Jika luas trapesium 312 cm² maka tingginya adalah ... cm 
a. 15
b. 16
c. 17
d. 18

18. Sebuah layang-layang luasnya 210 cm². Jika panjang diagonal a = 14 cm, maka panjang diagonal b adalah ... cm.  
a. 15
b. 25
c. 30
d. 40

19. Sebuah prisma segitiga mempunyai panjang alas yang berbentuk segitiga dengan ukuran 20 cm, tinggi segitiga 12 cm, tinggi prisma 25 cm. Volumenya adalah .... cm³. 
a. 2000 cm3
b. 2500 cm3
c. 2800 cm3
d. 3000 cm3

20. Volume prisma segitiga adalah 8.000 cm³ dan luas alasnya 200 cm². Tinggi prisma adalah ... cm.  
a. 40
b. 20
c. 15
d. 10

21. Volume sebuah kubus adalah 27.000 cm³. Luas permukaan kubus adalah ... cm². 
a. 5.400
b. 2.700
c. 1.800
d. 900

22. Sebuah taman di tengah kota berbentuk setengah lingkaran dengan diameter 49 cm. Keliling taman tersebut adalah ... cm.  
a. 70
b. 77
c. 126
d. 154

23.
Luas gabungan bangun datar 1
Luas gabungan pada gambar di atas adalah ... cm².
a. 924
b. 1.232
c. 1.450
d. 1.540

24. Pak Yusup mempunyai sebuah kebun luasnya 12 hektare ditanami jambu seluas 3,5 ha, jeruk 4.615 m2, kelengkeng 214 dam², dan sisanya untuk bangunan. Luas tanah untuk bangunan adalah ... ha.
a. 5,8985
b. 58,985
c. 589,85
d. 5898,5

25.
Luas gabungan bangun datar 2
Luas bangun di atas adalah ... cm².
a. 120
b. 136
c. 138
d. 140

26. Sebuah tong sampah berbentuk tabung mempunyai diameter 49 cm dan volumenya 150.920 cm³. Tinggi tong sampah adalah ... cm.
a. 80
b. 85
c. 75
d. 70

27. Sebuah drum tingginya 2 meter, dan diameter alasnya 28 meter. drum tersebut telah terisi separuhnya. Agar drum tersebut terisi penuh, maka air yang harus ditambahkan adalah ... liter.
a. 616.000
b. 616
c. 61.600
d. 6.160

28.
Diagram lingkaran
Data mata pelajaran yang diminati siswa kelas VI SD Sukamaju. Jika jumlah siswanya 184 anak, maka siswa yang gemar Matematika sebanyak ... anak.
a. 30
b. 34
c. 38
d. 46

29. Modus dari data : 3, 2, 4, 4, 8, 2, 1, 3, 6, 4, 3, 3, 3 adalah ...
a. 2
b. 3
c. 4
d. 6

30. Amanda mengikuti 5 kali ulangan dengan hasil 7, 6, 9, 8, 10. Mean dan mediannya berturut-turut adalah ...
a. 8 dan 8
b. 8 dan 9
c. 7 dan 8
d. 8 dan 7

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Akar pangkat 3  dari 24.389 adalah ...
2. Faktor prima dari 300 adalah ...
3. Jika a = 18 dan b = 12, maka 4 x (a-b) + 3 x (a + b) = ...  
4. Bilangan kubik antara 200 dan 400 adalah ...          
5. Hasil dari ³√29.791 adalah ...
6. Dalam waktu 5 menit sebuah ember yang dapat menampung 750 cm³ air terisi penuh. Debit air tersebut adalah ... cm³/menit.        
7. Diketahui luas lingkaran adalah 2.464 cm². Maka kelilingnya adalah ...
8. Luas layang-layang adalah 300 cm, sedangkan panjang diagonalnya 20 cm. Panjang diagonal yang lain adalah ...
9. Volume kubus 0,729 dm³. Panjang rusuknya adalah ...
10. Elma akan membuat keterampilan kipas dari kertas berbentuk lingkaran dengan diameter 14 cm. Luas kertas yang diperlukan adalah ...

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Tentukan faktor prima dari 1.323 !
Jawab : .................................................................................................................................................      .............................................................

2. Sebuah bak air berukuran 90 x 70 x 50 cm. Untuk memenuhi bak tersebut diperlukan waktu 15 menit. Hitunglah debit air tersebut !
Jawab : .................................................................................................................................................      .............................................................

3. Diagonal bangun belah ketupat 13 cm dan 18 cm. Berapa luas belah ketupat tersebut ?
Jawab : .................................................................................................................................................      .............................................................

4. Panjang sisi sejajar sebuah trapesium 15 cm dan 9 cm, tingginya 15 cm. Berapa luas trapesium tersebut ?
Jawab : .................................................................................................................................................      .............................................................

5. Nilai ulangan Bahasa Inggris 10 anak rata-ratanya adalah 7,5. Setelah digabung dengan nilai Dimas rata-ratanya menjadi 7,6. Berapa nilai Bahasa Inggris Dimas ?
Jawab : .................................................................................................................................................      .............................................................



    Topik : Bilangan

Subtopik : Operasi Hitung Bilangan

Indikator : Peserta didik mampu menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya



Hasil dari 15 x 50 ÷ 30 adalah....

a. 25                                   c. 45

b. 35                                  d. 55



Kunci : A

Pembahasan :

15 x 50 ÷ 30 = No. 1.1 = No. 1.2 = 25

separator UASBN SD Kelas 6

2. Topik : Bilangan

Subtopik : Pangkat dan Akar Bilangan

Indikator : Peserta didik mampu menentukan operasi hitung bilangan pangkat dan bilangan akar



Hasil dari 172 – 152 adalah....

a. 4                               c. 64

b. 16                            d. 128



Kunci : C

Pembahasan :

172 – 152 = (17 x 17) – (15 x 15)

= 289 – 225

= 64

separator UASBN SD Kelas 6

3. Topik : Bilangan

Subtopik : Pecahan

Indikator : Peserta didik mampu mengubah pecahan menjadi bentuk persen atau desimal atau sebaliknya



No. 3.1diubah ke persen menjadi....

a. 125%                                              c. 165%

b. 145%                                             d. 175%



Kunci : D

Pembahasan :

Ubah pecahan campurannya ke percahan biasa

No. 3.1 = 74→kalikan dengan 100%

= 74×100% = 175%

separator UASBN SD Kelas 6

4. Topik : Bilangan

Subtopik : Operasi Hitung Bilangan

Indikator : Peserta didik mampu menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat (positif dan negatif)



Hasil dari 70 – (–25) adalah....

a. –95                                      c. 45

b. –45                                     d. 95



Kunci : D

Pembahasan :

Ketika tanda negatif (–) bertemu dengan negatif (–), maka operasi bilangannya akan berubah menjadi positif (+), sehingga:

70 – (–25) = 70 + 25

= 95

separator UASBN SD Kelas 6 

5. Topik : Bilangan

Subtopik : FPB dan KPK

Indikator : Peserta didik mampu menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka dalam bentuk faktorisasi



FPB dari 48, 72 dan 96 adalah....

a. 25 x 3                                       c. 23 x 3

b. 24 x 3                                      d. 22 x 3



Kunci : C

Pembahasan :
null

 Maka FPB nya adalah = 23×3

separator UASBN SD Kelas 6

6. Topik : Geometri dan Pengukuran

Subtopik : Satuan Ukuran

Indikator : Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan panjang yang berbeda



Kebun Pak Warno berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 4,2 dam dan lebar 370 dm. Keliling kebun Pak Warno adalah...meter

a. 82,4                                                    c. 158

b. 124                                                     d. 225



Kunci : C

Pembahasan :

Karena hasil yang ditanya dalam bentuk meter, maka ubah terlebih dahulu satuan panjang dan lebarnya ke dalam meter

Panjang = 4,2 dam = 4,2 x 10 m = 42 m

Lebar     = 370 dm = 370 : 10 m = 37 m

Keliling = 2 x (panjang + lebar)

                = 2 x (42 m + 37 m)

                = 2 x 79 m

                = 158 meter

Jadi, keliling kebun Pak Warno adalah 158 meter

separator UASBN SD Kelas 6

7. Topik : Geometri dan Pengukuran

Subtopik : Satuan Ukuran

Indikator : Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan kuantitas yang berbeda



Di sebuah tempat penyewaan peralatan pesta terdapat 6 gros piring. Sebanyak 4 lusin dipinjam oleh Bu Tuti dan sebanyak 2 gros dipinjam oleh Bu Ayu. Piring yang tersisa di tempat tersebut sebanyak...buah

a. 528                                      c. 628

b. 588                                     d. 688



Kunci : A

Pembahasan :

1 gross = 144 buah

1 lusin = 12 buah

Jumlah semua piring = 6 x 144 = 864 buah

Dipinjam Bu Tuti = 4 x 12 = 48 buah

Dipinjam Bu Ayu = 2 x 144 = 288 buah

Sisa piring = Jumlah semua piring – dipinjam Bu Tuti – dipinjam Bu Ayu

= 864 – 48 – 288

= 528 buah

separator UASBN SD Kelas 6

8. Topik : Geometri dan Pengukuran

Subtopik : Sifat dan unsur bangun datar (segitiga, segiempat, lingkaran)

Indikator : Peserta didik mampu menentukan bangun datar berdasarkan sifatnya



Perhatikan sifat-sifat bangun datar di bawah ini!

    Memiliki 4 sisi yang sama panjang
    Sudut-sudut yang berhadapan sama besar
    Diagonalnya saling berpotongan tegak lurus dan saling membagi dua sama panjang

Bangun datar yang mempunyai sifat-sifat di atas adalah....

a. persegi panjang                                               c. trapesium

b. layang-layang                                                  d. belah ketupat



Kunci : D

Pembahasan :

Bangun yang memenuhi semua sifat-sifat di atas adalah belah ketupat, karena:

    pada persegi panjang semua sudutnya sama besar dan kedua diagonal berpotongan tidak tegak lurus
    pada layang-layang kedua diagonalnya berpotongan tegak lurus, tetapi tidak sama panjang
    pada trapesium hanya terdapat dua pasang sudut yang sama besar dan diagonalnya sama panjang

separator UASBN SD Kelas 6

9. Topik : Geometri dan Pengukuran

Subtopik : Satuan Ukuran

Indikator : Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan volume yang berbeda



Tiga buah tangki masing-masing berisi minyak tanah 4,25 m3, 2.500 liter, dan 5.500 dm3. Jumlah minyak tanah seluruhnya ada...liter

a. 10.700                                                   c. 12.250

b. 11.425                                                  d. 13.396



Kunci : C

Pembahasan :

Ubah semua satuannya menjadi liter, maka

4,25 m3 = 4,25 x 1.000 liter = 4.250 liter

5.500 dm3 = 5.500 x 1 liter = 5.500 liter

Jumlah seluruh minyak tanah

= 4,25 m3+ 2.500 liter + 5.500 dm3

= 4.250 liter + 2.500 liter + 5.500 liter

= 12.250 liter

separator UASBN SD Kelas 6

10. Topik : Geometri dan Pengukuran

Subtopik : Sifat dan unsur bangun ruang (kubus, balok, tabung)

Indikator : Peserta didik mampu menentukan bangun ruang berdasarkan sifatnya



Perhatikan sifat-sifat bangun ruang di bawah ini!

    Memiliki 6 sisi, di mana sisi-sisi yang sehadap sejajar dan sama luas
    Memiliki 8 titik sudut
    Memiliki 12 rusuk, di mana rusuk-rusuk yang sejajar sama panjang

Bangun ruang yang memiliki sifat-sifat tersebut adalah....

a. balok                                                c. tabung

b. kubus                                              d. kerucut



Kunci : A

Pembahasan :

Bangun yang memiliki sifat-sifat di atas adalah balok, karena:

    pada kubus terdapat 6 sisi yang berbentuk persegi sama luas
    pada tabung tidak terdapat titik sudut
    pada kerucut memiliki 1 titik puncak

separator UASBN SD Kelas 6

11. Topik : Geometri dan Pengukuran

Subtopik : Satuan Ukuran

Indikator : Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan luas yang berbeda



Pak Imam mempunyai tiga kebun yang luasnya 3 ha, 1.900 m2, dan 1,75 are. Jika kebunnya dijual 2,5 ha, maka luas kebun Pak Imam sekarang...m2

a. 5.075                                           c. 7.075

b. 6.075                                          d. 8.075



Kunci : C

Pembahasan :

Karena hasil yang diminta dalam satuan m2, maka ubah semua satuannya menjadi m2

3 ha = 3 x 10.000 m2 = 30.000 m2

1,75 are = 1,75 x 100 m2 = 175 m2

2,5 ha = 2,5 x 10.000 m2 = 25.000 m2

Maka, luas kebun Pak Imam sekarang

= 30.000 m2 + 1.900 m2 + 175 m2 – 25.000 m2 = 7.075 m2

separator UASBN SD Kelas 6

12. Topik : Geometri dan Pengukuran

Subtopik : Sifat dan unsur bangun ruang (kubus, balok, tabung)

Indikator : Peserta didik mampu menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan bangun ruang



Sebuah kaleng berbentuk balok dengan ukuran panjang 25 cm, lebar 20 cm, dan tinggi 18 cm diisi minyak goreng sampai penuh. Volume minyak goreng di dalam kaleng adalah...cm3

a. 7.700                                             c. 9.000

b. 8.200                                            d. 10.100



Kunci : C

Pembahasan :

Volume minyak goreng dalam kaleng = volume balok

Volume balok = p x l x t

V= p x l x t

V= 25 cm x 20 cm x 18 cm

V = 9.000 cm3

separator UASBN SD Kelas 6

13. Topik : Geometri dan Pengukuran

Subtopik : Bidang Letak dan Koordinat

Indikator : Peserta didik mampu menentukan letak titik koordinat



Koordinat titik P pada gambar berikut adalah....

a. (-2, -4)                                      c. (2, -4)

b. (-2, 4)                                       d. (2, 4)



Kunci : D

Pembahasan :
null

Titik P berada di kuadran I, di mana nilai X positif dan nilai Y positif. Dari gambar terlihat P (2, 4)

separator UASBN SD Kelas 6

14. Topik : Bilangan

Subtopik : Operasi Hitung Bilangan

Indikator : Peserta didik mampu menyelsaikan masalah penalaran yang melibatkan

operasi hitung bilangan bulat



Banyak siswa di sekolah Mekar Sari 210 orang, yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah

perkelas sama. Di kelas tiga bertambah 2 siswa pindahan. Maka jumlah siswa di kelas tiga adalah….

a. 37

b. 38

c. 39

d. 40



Kunci : A

Pembahasan :

Diketahui:

Total siswa = 210

Jumlah kelas = 6

Siswa tambahan kelas tiga = 2

Ditanya: Jumlah siswa kelas 3 = … ?

Jawab:

210 : 6 + 2 = 35 + 2 = 37 siswa

separator UASBN SD Kelas 6

15. Topik : Geometri dan Pengukuran

Subtopik : Satuan Ukur

Indikator : Peserta didik mampu menyelsaikan soal yang berkaitan dengan operasi

hitung konversi satuan panjang yang berbeda



Hasil dari 200 km + 15 hm – 21.000 m adalah…m

a. 180.500

b. 181.680

c. 182.366

d. 183.658



Kunci : A

Pembahasan :
null

200 km x 1000 m = 200.000 m

15 hm x 100 m = 1500 m

Maka 200.000 m + 1500 m – 21.000 m = 180.500 m

separator UASBN SD Kelas 6

16. Topik : Geometri dan Pengukuran

Subtopik : Sifat dan unsur bangun datar (Segitiga, Segiempat, Lingkaran)

Indikator : Peserta didik mampu menentukan luas segiempat



Perhatikan gambar di bawah ini!

 No. 16

Luas bangun datar di atas adalah….

a. 121

b. 169

c. 225

d. 625



Kunci : C

Pembahasan :

Luas persegi = sisi x sisi

Luas persegi = 15 x 15 = 225 cm2

separator UASBN SD Kelas 6

17. Topik : Geometri dan Pengukuran

Subtopik : Bidang dan Letak Koordinat

Indikator : Peserta didik mampu menentukan letak titik koordinat



Perhatikan gambar di bawah ini!

 No. 17

Titik koordinat A dan C pada gambar adalah….

a. (5,-2) dan (-4, 2)

b. (5,-2) dan (-5, -3)

c. (7,4) dan (-4, -2)

d. (7,4) dan (-5, -3)



Kunci : D

Pembahasan :

Titik koordinat dimulai dari sumbu x lalu ke sumbu y

A = (7, 4)

B = (-4, 2)

C = (-5, -3)

D = (5,-2)

separator UASBN SD Kelas 6

18. Topik : Geometri dan Pengukuran

Subtopik : Simetri dan Pencerminan

Indikator : Peserta didik mampu menentukan hasil pencerminan bangun datar



Gambar yang merupakan hasil penceriman suatu bangun datar adalah….

a.    No. 18


b.    null


c.    null


d.    null



Kunci : C

Pembahasan :

Gambar suatu pencerminan harus memiliki ciri-ciri: jarak benda dengan jarak bayangan sama, tinggi benda dan bayangan sama, besar benda sama, dan posisi bayangan berlawanan. Gambar yang memenuhi ciri tersebut adalah yang C

null

 separator UASBN SD Kelas 6

19. Topik : Pengolahan Data

Subtopik : Mengumpulkan dan Mengolah Data

Indikator : Peserta didik mampu membaca data dalam bentuk tabel atau data

acak/random



Perhatikan tabel persediaan buah di rumah Dimas!

No. 19

Persediaan buah dengan jumlah yang sama adalah….

a. manga dan manggis

b. pisang dan alpukat

c. apel dan pisang

d. jeruk dan alpukat



Kunci : C

Pembahasan :

Berdasarkan tabel persediaan buah Dimas dengan jumlah yang sama adalah apel dan pisang

 separator UASBN SD Kelas 6

20. Topik : Pengolahan Data

Subtopik : Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Data

Indikator : Peserta didik mampu menyelsaikan masalah bertema kegiatan ekonomi

yang berkaitan dengan rata-rata



Perhatikan table uang jajan di bawah ini!
null

Rata-rata uang jajan pada tabel tersebut adalah….

a. Rp5.000,00

b. Rp6.000,00

c. Rp7.000,00

d. Rp8.500,00



Kunci : B

Pembahasan :

Mencari rata-rata adalah jumlah keseluruhan dibagi banyaknya data

Jumlah uang jajan = Rp30.000,00

Banyaknya data = 5

Maka Rp30.000,00 : 5 = Rp6.000,00














0 Response to "Soal UN SD Kelas 6 Matematika (MTK)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel