-->

Tugas (IPA) Penyerbukan dan Pembuahan

Penyerbukan dan Pembuahan

Penyerbukan, atau polinasi, adalah jatuhnya serbuk sari pada permukaan putik. Pada sebagian besar bunga, peristiwa ini berarti "jatuh pada bagian kepala putik". Penyerbukan merupakan bagian penting dari proses reproduksi tumbuhan berbiji.

 

Proses penyerbukan dan pembuahan

Serbuk sari yang jatuh ke kepala putik dengan bantuan angin, air, hewan, atau manusia akan menempel di kepala putik. Saat inilah terjadi  penyerbukan. Penyerbukan dapat dilanjutkan dengan pembuahan.

Jika terjadi pembuahan, serbuk sari tumbuh membentuk buluh serbuk sari. Buluh serbuk sari mempunyai dua inti. Setelah mencapai bakal biji, inti yang pertama akan membelah menjadi dua. Inti kedua akan hilang. Satu dari hasil pembelahan inti akan membuahi sel telur dan menjadi lembaga. Inti yang kedua akan membuahi inti kandung lembaga sekunder menjadi cadangan makanan (kotiledon).


 Liat Gambar di Bawah ini :

Serbuk Sari














A) Serbuk Sari 


Serbuk sari atau pollen merupakan alat penyebaran dan perbanyakan generatif dari tumbuhan berbunga. Serbuk sari merupakan modifikasi dari sel sperma. Secara sitologi, serbuk sari merupakan sel dengan tiga nukleus, yang masing-masing dinamakan inti vegetatif, inti generatif I, dan inti generatif II.


B) Tabung 


Tabung sari berfungsi sebagai jalan keluar untuk isi serbuk sari dan memungkinkan menyusut dan pembengkakan .

C) Sperma


Fungsi utama semen adalah untuk mengantarkan sel-sel sperma untuk membuahi sel telur yang dihasilkan oleh individu betina


D) Sel Telur 


Sel reproduksi (gamet) yang dihasilkan dari ovarium pada organisme berjenis kelamin betina. Hewan (termasuk manusia) dan tumbuhan menghasilkan sel telur. 




Jika pembuahan berhasil, bakal buah akan berkembang menjadi buah dan bakal biji berkembang menjadi biji. Biji merupakan calon tumbuhan baru. Bila biji ditanam atau jatuh ke tanah dan kondisinya memungkinkan, maka biji akan tumbuh menjadi individu baru.


tugas ipa




Alat dan bahan:

1. Biji kacang tanah.
2. Kapas yang dibasahi air.
3. Plastik/Baskom

Langkah-langkah kegiatan:

1. Kupas kulit dan belahlah biji kacang tanah itu dengan hati-hati.
2. Amati bagian-bagian biji itu.
3. Gambarlah pada bukumu bagian-bagian biji itu.
4. Letakkan biji yang pada kapas yang telah dibasahi.
5. Amati beberapa hari dan jaga agar kapas tetap basah



Sumber: Google.com




 

0 Response to "Tugas (IPA) Penyerbukan dan Pembuahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel