-->

Tips Internet Sehat dan Aman yang Dikhususkan untuk Anak-Anak di Jaman Modern

Tips Internet Sehat dan Aman yang Dikhususkan untuk Anak-Anak di Jaman Modern

Tips Internet Sehat dan Aman yang Dikhususkan untuk Anak-Anak di Jaman Modern, menurut saya pastilah anda semua sudah mahir menggunakan berbagai fitur di internet. Salah satunya membaca berbagai artikel. Saat ini gadget dan anak merupakan dua unsure yang sangat sulit untuk dipisahkan, terutama apabila seorang anak itu tinggal di lingkungan perkotaan. Sehingga internet yang aman dan sehat sudah menjadi sebuah kebutuhan yang mendasar dan penting yang harus diketahui oleh para orang tua masa sekarang.

Sebagai orang tua anda tentunya tidak mungkin akan mengawasi internet secara terus menerus di sisi anak. Maka dari itu kini google telah mengajari kita untuk membuat internet akan aman untuk kebutuhan anak-anak di media sosial. Namun di Indonesia belum ada internet yang khusus untuk anak-anak. Jadi anda sebagai orang tua harus lebih ekstra mengawasi ketika anak-anak menggunakan internet.

Apabila anda sebagai anak sedang menggunakan internet apakah dengan pengawasan orang tua? Nah anda juga bisa kok menggunakan internet dengan aman dan sehat, dengan selalu mengingat mana yang boleh dan mana yang sebaiknya anda hindari ketika menggunakan internet. Baik ketika membuka modia sosial atau situs-situs.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips internet yang aman dan sehat untuk anak-anak

1. Jangan memberikan informasi pribadi

Tips Internet Sehat dan Aman yang Dikhususkan untuk Anak-Anak di Jaman Modern

Internet merupakan sebuah bentuk fasilitas yang masuk dalam Parenyal Guidance. Jadi apabila sebuah situ atau media sosial mengharuskan anda harus berusia di atas 13 tahun maka lebih baik mematuhinya saja. Kemudian anda yang sedang bermain media sosial jangan sampai memberikan informasi pribadi secara sembarangan. Apabila meminta mengisi data nama lengkap, alamat sekolah, alamat rumah, nomor telepon pribadi, maka tinggalkan saja.

2. Jangan sampai membagikan foto ke orang yang tak dikenal

Tips Internet Sehat dan Aman yang Dikhususkan untuk Anak-Anak di Jaman Modern

Apabila ada orang yang tidak dikenal sedang menghubungi anda maka sebaiknya anda tidak menjawabnya saja. Apabila orang tak dikenal tersebut meminta foto pribadi maka sebaiknya jangan diberikan. Dikawatirkan kalau foto anda akan disalahgunakan. 
Apabila anda sedang bermain media sosial maka lebih aman kalau anda mengunci akun dan hanya berbagi dengan memilih apa saja yang dapat anda bagikan dan mana saja yang tidak perlu dibagikan di internet. Tentunya anda dapat mendiskusikan dengan orang tuamu.

3. Simpan password pribadi

Lebih baik tidak ada orang lain yang mengetahui password akun anda di internet. Seperti akun email, media sosial dan lainnya kecuali orang tua anda yang boleh mengetahuinya. Orang tua anda boleh mengetahui password anda. hal ini bertujuan untuk melindungi anda agar tetap aman dan sehat dalam menggunakan internet. Kalau anda temenmu yang bertanya tentang password anda maka jangan diberikan dan lebih baik simpan saja password mu dengan baik.

4. Ceritakan pengalamanmu kepada orang dewasa di sekitarmu

Silahkan ceritakan semua pengalamanmu dan semua yang anda alami ketika menggunakan internet kepada orang dewasa yang anda percayai. Terutama untuk orang tua atau kakakmu. Hal ini termasuk kalau ada orang yang memberikan pesan aneh dan bernada mengejek. Anda tidak perlu membalasanya, tetapi anda dapat meminta bantuan orang dewasa untuk memblokir pesan tersebut.

Tips Internet Sehat dan Aman yang Dikhususkan untuk Anak-Anak di Jaman Modern

Mengingat internet merupakan tempat yang sangat luas, jadi anda harus lebih hati-hati dalam menggunakannya apalagi saat anda membagikan sesuatu di media sosial. Pastikan anda membagikan sesuatu yang berbau positif dan berbagai hal-hal baik di internet.

5. Menghindari mengunduh tanpa izin

Apabila anda menemukan lampiran yang dapat diunduh di internet maka jangan sampai anda asal untuk menekan tombol unduh atau download. Walaupun gratis lebih baik anda bertanya dulu atau meminta izin kepada orang tua untuk memastikan kalau file itu aman. Mengingat kita tidak tahu pasti apa sisi file tersebut, dapat berupa virus jahat atau lainnya yang dapat merugikan.

0 Response to "Tips Internet Sehat dan Aman yang Dikhususkan untuk Anak-Anak di Jaman Modern"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel